TUGAS 3 TULISAN ETIKA BISNIS DALAM PERUSAHAAN

Jumat, 25 Oktober 2013

Nama : Fuad Agustianto
NPM : 12210892
Kelas : 4EA07

Tingkah Laku Etika Bisnis

1. Utilitarian Approach : setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
2. Individual Rights Approach : setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.
3. Justice Approach : para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.

Dengan demikian, etika dalam pengertian kedua dapat dirumuskan sebagai refleksi kritis dan rasional mengenai :
1. Sistematik, yaitu masalah-masalah sistematik  dalam etika bisnis pertanyaan-pertanyaan etis yang muncul mengenai sistem ekonomi, politik, hukum, dan sistem sosial lainnya di mana bisnis beroperasi

2. Korporosi , yaitu  permasalahan korporosi dalam perusahaan bisnis adalah pertanyaan-pertanyaan yang dalam perusahaan tertentu.

3. Individu, yaitu permasalahan invidual dalam etika bisnis adalah pertanyaan yang muncul seputar individu dalam etika  bisnis adalah pertanyaan yang muncul  seputar invdividu  tertentu dalam perusahaan.

Sumber : Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar